RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester : 1/2
Tema/Subtema : Benda, Hewan, dan Tanaman
disekitarku/Hewan disekitarku
Alokasi
Waktu : 1x35 Menit
Pembelajaran :
5
A.
Kompetensi
Inti (KI) dan Indikator
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tau tentang dirinya, mahluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya dirumah dan disekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya estatis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi
Dasar :
3.3 mengenal teks terimakasih tentang sikap kasih sayang
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang
dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 menyampaikan teks terimakasih mengenai sikap
kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat
diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator :
·
Identifikasi hewan buas dan jinak
berdasarkan teks bacaan
·
Klasifikasi hewan berdasarkan teks kasih
sayang
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar :
3.2 mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator :
·
Menjelaskan cara menyelesaikan pengurangan
dengan cara bersusun kebawah
·
Menyelesaikan soal-soal pengurangan
denagn cara bersusun kebawah
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membedakan hewan buas dan jinak
dengan benar
2. Dengan
mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyebutkan contoh hewan buas
dan jinak
3. Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan cara menyelesaikan soal
pengurangan cara bersusun ke bawah dengan benar
4. Dengan
mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyelesaikan soal
pengurangan cara bersusun kebawah dengan benar
D.
Materi
Pembelajaran
Benda, hewan, dan
tumbuhan disekitarku
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode (ceramah, Tanya
jawab, diskusi)
Pendekatan
Kontruktivisme
F.
Media dan Sumber Belajar
1. Media
: gambar
2. Sumber
Belajar : Kurnianingsih, Yanti, dkk. 2013. Buku
Siswa Tema 7 Benda, Hewan, dan Tumbuhan disekitarku. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan
menyapa siswa dan menanyakan kabar
2.
Guru mengajak semua siswa untuk
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
3.
Guru mengabsen kehadiran siswa
4.
Guru menyampaikan materi
pembelajaran yang akan diajarkan
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
diingatkan kembali hewan yang bisa dipelihara dan tidak boleh dipelihara
2.
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang dapat dipelihara
dan tidak dapat dipelihara
3.
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan buas dan jinak
4.
Siswa dapat menyebutkan mengenai tempat tinggal, cara
bergerak dan sifatnya seperti buas dan jinak
5.
Guru membagi diskusi kedalam 3 kelompok
6.
Siswa mengamati gambar hewan yang
telah diberikan oleh guru
7.
Siswa berlatih mengelompokan
gambar hewan dengan cara menempelkan pada tempat yang sesuai
8.
Siswa menjawab persamaan apa saja
yang dimiliki oleh hewan tersebut
9.
Siswa
berlatih hitung mundur untuk membantu penyelesaian soal pengurangan
10.
Siswa
diingatkan kembali cara menyelesaikan soal-soal pengurangan dengan teknik
bersusun kebawah
11.
Siswa diminta untuk menyelesaikan latihan
pengurangan
12.
Siswa mempresentasikannya
|
25 menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan
2.
Guru melakukan penilaian
3.
Guru mengakhiri pelajaran dengan
berdoa bersama dan dilanjut dengan menutup pelajaran
|
5 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap : percaya diri, disiplin, bekerja sama.
b. Unjuk
kerja : pengamatan pengelompokan hewan
c. Penilaian
pengetahuan : tes tulis (lembar kerja) berlatih penjumlahan
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Pengetahuan
Bentuk soal :
BAHASA
INDONESIA
Amati gambar dibawah
ini, lalu kelompokan.
tempelkan pada tempat
yang benar !!!
Hewan buas
|
|
|
|
Hewan jinak
|
|
|
|
Persamaan apa saja yang dimiliki hewan
pada tabel diatas !
Contoh :
Persamaan singa dan badak :
sama-sama hidup didarat, berkaki 4
Persamaan ikan dan buaya :
Persamaan kucing dan kelinci :
MATEMATIKA
Pak Maman membawa 30
ekor ayam ke pasar.
Pak Maman berhasil
menjual 13 ayam
Berapa ekor ayam Pak
Maman sekarang ?
Seorang
pengembala kambing membawa 32 ekor kambingnya kepadang rumput. Seekor srigala
menerkam 5 ekor kambingnya. Berapa ekor kabing yang tersisa milik si pengembala
?
Dikolam
ikan ku ada 25 ekor ikan mas. Ayah
mengambil 12 ekor ikan dari kolam tersebut. Berapa ekor ikan yang masih tersisa
dikolamku ?
b.
Penilaian
pengamatan pengelompokan hewan
No.
|
kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum terlihat (√)
|
1.
|
Kemampuan mengkelompokan hewan
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
c.
Penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
BM
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Berilah
tanda centang (P)
pada kolom yang sesuai
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar