RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan
Panca Indera Manusia
waktu :
4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
C. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka
kepala
ü rangka
badan
ü rangka
anggota gerak
ü sendi
Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o
Siswa
dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
o
Menjelaskan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
& Karakter siswa yang diharapkan :
o
Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan
& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, , Berorientasi tugas dan hasil , Kepemimpinan.
D. Materi Essensial
Rangka dan Panca
Indera Manusia
o
Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o
Bagian rangka (hlm.2)
o
Fungsi rangka (hlm.6)
Kerangka manusia
Kerangka
manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports
organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung
organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh
adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton
comprises around 30-40% of the total body weight, [
1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri
dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1]
dan setengah dari berat ini adalah air.
Fused bones
include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected
directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua
tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain.
The hyoid bone , which is located in the neck and serves
as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body,
being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi
sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam
tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
E. Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang rangka manusia
F
Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan
manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mendeskripsikan rangka manusia:
-
rangka
kepala
-
rangka
badan
-
rangka
anggota gerak
-
sendi
F
Siswa menyebutkan rangka kepala
F
Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
( 50 menit)
|
||||||||
(5 menit)
|
|||||||||
o
Mengambar
rangka badan manusia
|
|
||||||||
pertemuan 2
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan
pekerjaan rumah
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan
Rangka anggota gerak
F
Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan
letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia .
F Mendeskripsikan
fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya.
Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan
kegiatan
F
Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang
terdapat sendi
|
(50 menit)
|
||||||||
(5 menit)
|
|||||||||
F
Mengambar rangka badan manusia
|
|
||||||||
pertemuan 3
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan indikator
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F
Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan kegiatan
F Mengetahui
beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
- Lordosis
- Kifosis
- Skoliosis
F
Mengetahui
cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D,
kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan
kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
||||||||
(5 menit)
|
|||||||||
F Membuat
daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
|
G. Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu
untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
o
Mandiri : Sikap dan
perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas
o
Rasa ingin tahu : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
o
Peduli lingkungan : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di
sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi.
|
o
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
o
Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.
|
H.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar